1. PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE
Sebelum mengurai pengertian
organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan di tinjau secara
sekilas arti dari kata organisasi dan metode.
Istilah
Organisasi dapat di artikan sebagai :
Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja
sama yang efisien
Sedangkan isitlah metode
tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan ang
harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang
menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutam dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sah ditetapkan.
Dari
pengertian tersebut terkandung beberaa maksud yaitu :
a . Organisasi dan metode merupakan kunci atau
syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b . Organisasi dan metode penting bagi kegiatan
manajemen
c . Organisasi dan metode dapat memanfaatkan
sumber-sumber dan waktu yang tersedia
d . Organisasi dan metode berguna dalam
meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Dari uraian diatas terlihat jelasnya betapa eratnya hubungan antara manajemen,organisai dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa Organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-car pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalu kerja sama dengan orang lain sebagaia sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan wakyu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Kegitan
manajemen :
a . Planing (perencanaan)
-
Merupakan
proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus
dilakukan secara rasional sebelum malaksanankan tindakan yang sebenarnya.
-
Merupakan
kegiatan non fisik (kewajiban) sebelum melaksanakan kegiatan fisik.
-
Sangat
diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi serta tujuan
suatu program pembangunan.
b . Organizing (pengorganisaian)
-
Merupakan
proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya
serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara
tepat.
-
Dilakukan
demi perencanaan, pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat
-
Harus
diperhatikan dalam penempatan oorang (staffsing) dilakukan secara objektif
c . Motivating (pendorong)
-
Merupakan
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan
kerelaan kerja para pegawai.
-
Mencangkup
segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat,
pendidkan dan pengembangan karir,pemberian cuti dan sebagainya. Maupun yang
bersifat jasmaniah seperti system upah yang menggariahkan,pemberian tunjangan,penyediaan
fasilitas yang lengkap dan sebagainya.
d . Controlling (pengendalian)
-
Merupakan
rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan
pengawasan,penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti
yang direncanakan
-
Sangat
enting untuk mengetahui sampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan
-
Dapat
dilakukan evaluasi,penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut,sehingga
pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaanya.
Keempat
kegiatan manajemn tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber
ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang
dimaksud disebut 6 M(The six M’s in management istilah George R Terry) yaitu :
1. Manusian dan tenga kerja (manpower)
2. Uang dan dana (money)
3. Bahan-bahan atau material (materials)
4. Mesin dan peralatan (machines and equipment)
5. Tata kerja atau (methods)
6. Pasar (market)
2. Manajemen dan Organisasi
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.
3. Manajemen dan Tata Kerja
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah organisasi yang dapat berfungsi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.
Tata kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersdia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Pemakaian tata kerja yang tepata ditujukan untuk :
1.Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
2.Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan
3.Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat
Hubungan tata kerja dalam manajemen adalah untuk menjelaskan bagaimna proses kegiatan manajemen harus dilaksankan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4. MANAJEMEN ORGANISASI DAN TATA
KERJA
Hubungan timbal balik antara manajemen, organisasi, dan tatakerja dapat disimpulkan sebagai berikut:
• Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
• Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
• Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
Refrensi :
elearning.gunadarma.ac.id/...organisasi_dan_metode/bab1_arti_penting_orginsasi_dan_metode/
http://banuaw.wordpress.com/2011/10/04/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode/
http://windsaga.blogspot.com/2011/03/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
http://evulee.wordpress.com/2010/10/12/teori-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar